A.
Visi Misi
a.
Visi
Perkembangan dan tantangan masa depan
seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat
cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua
terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang
itu. SMA Negeri 1 Rajagaluh memiliki citra moral yang menggambarkan profil
sekolah yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi sekolah
berikut:
“Membentuk
peserta didik yang unggul dalam prestasi akademik, non akademik, berkarakter,
sehat lingkungan dan Berjiwa Wirausaha Berlandaskan Iman dan Taqwa di Tahun
2020”
INDIKATOR PENCAPAIAN
1.
Prestasi Akademik
-
Menjuarai lomba OSN
-
Menempati 3 besar perolehan
nilai rata-rata UN di Kabupaten Majalengka
-
Aktif bidang penelitian karya
ilmiah dll
2.
Prestasi Non Akademik
-
Menjuarai lomba 02 SN
-
Menjuarai FLAS2SN
-
Menjuarai lomba-lomba ektra
kurikuler
3.
Berkarakter
1.
IMAN
Indikator:
-
Percaya
terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
-
Percaya
adanya hari pembalasan (perhitungan terhadap pahala dan dosa).
-
Percaya
bahwa kehidupan manusia ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa.
-
Menerima
apa pun hasil yang didapat setelah berusaha sekuat tenaga dan fikiran.Mampu
menguasai diri atas setiap keadaan yang dihadapi atas dasar keyakinan bahwa
semua itu adalah kehendak Tuhan.
2.
TAQWA
Indikator:
-
Mengerjakan
setiap perintah agama dan mejauhi larangannya.
-
Bersyukur
atas setiap yang diberikan Tuhan
-
mengucapkan
doa setiap memulai dan mengakhiri suatu pekerjaan
-
Menyesal
setiap membuat kesalahan dan segera mohon ampun kepada Tuhan, serta berusaha
untuk tidak mengulanginya.
-
Menolak
setiap ajakan untuk melakukan perbuatan tercela.
3.
BERAHLAK MULIA
Indikator:
-
Sopan dan
santun dalam pergaulan.
-
Menghormati
orang yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda.
-
Bertutur
kata menurut norma yang berlaku.
-
Menjunjung
tinggi adat istiadat setempat.
-
Berpenampilan
rapi dan sopan.
-
Berpandangan
positif terhadap orang lain.
-
Merasa
bahagia dapat menolong orang lain.
-
Memiliki
rasa iba diikuti dengan upaya memperbaiki nasib orang lain.
4.
BERILMU ATAU BERKEAHLIAN
Indikator:
-
Mampu
mengerjakan suatu pekerjaan secara benar.
-
Menambah
ilmu dengan berbagai cara/jalan.
-
Mencari
informasi baru melalui media yang ada,
-
Menjadi
tempat bertanya teman atau pun orang lain.
-
Selalu berusaha
memecahkan masalah berdasarkan konsep keilmuan.
-
Rasional
dalam berbicara dan bertindak.
-
Mengerjakan
suatu pekerjaan berdasarkan pemikiran yang dalam.
-
Bersikap
efisien dan efektif dalam bekerja.
5.
JUJUR
Indikator:
-
Berkata
benar ( tidak bohong )
-
Berbuat
sesuai aturan ( tidak curang )
-
Menepati
janji yang diucapkan
-
Bersedia
menerima sesuatu atas dasar hak
-
Menolak
sesuatu pemberian yang bukan haknya
-
Berpihak
pada kebenaran
-
Menyampaikan
pesan orang lain
-
Satunya
kata antara niat dengan perbuatan.
6. DISIPLIN
Indikator:
-
Patuh pada
setiap peraturan yang berlaku
-
Patuh pada
etika sosial/masyarakat setempat
-
Menolak
setiap ajakan untuk melanggar hukum
-
Mengendalikan
diri terhadap perbuatan tercela
-
Hemat dalam
menggunakan uang dan barang
-
Menyelesaikan
tugas tepat waktu
-
Meletakkan
sesuatu pada tempatnya
-
Dapat
menyimpan rahasia.
7.
DEMOKRATIS
Indikator:
-
Bersedia
mendengarkan pendapat orang lain.
-
Menghargai
perbedaan pendapat.
-
Tidak
memaksakan kehendak kepada orang lain.
-
Toleran
dalam bermusyawarah / diskusi.
-
Bersedia
melaksanakan setiap hasil keputusan bersama.
-
Menghargai
kritikan yang dilontarkan orang lain.
8.
ADIL
Indikator:
-
Memperlakukan
orang lain atas dasar kebenaran.
-
Mampu
meletakkan sesuatu menurut tempatnya.
-
Tidak ingin
mendapat lebih atas sesuatu yang bukan haknya.
-
Membela
orang lain yang diperlakukan tidak adil.
-
Memperlakukan
orang lain sesuai haknya.
-
Tidak
membeda-bedakan orang orang dalam pergaulan.
-
Menghargai
kerja orang lain sesuai hasil kerjanya.
9.
BERTANGGUNG JAWAB
Indikator:
-
Menyelesaikan
setiap pekerjaan yang dibebankan sampai tuntas.
-
Tidak
mencari-cari kesalahan orang lain atas sesuatu masalah yang dihadapi.
-
Berani
menanggung resiko terhadap perbuatan yang dilakukan.
-
Bersedia
menerima pujian atau celaan terhadap tindakan yang dilakukan.
-
Berbicara
dan berbuat secara berterus terang (tidak seperti ungkapan; lempar
batu sembunyi tangan).
-
Melaksanakan
setiap keputusan yang sudah diambil.
10.
CINTA TANAH AIR
Indikator:
-
Peduli
terhadapnama baik bangsa dan negara.
-
Merasa
bangga sebagai orang yang bertanah air Indonesia
-
Bersedia
membela tanah air untuk kejayaan bangsa
-
Peduli
terhadap rusaknya hutan/lingkungan di tanah air
-
Bersedia
memelihara lingkungan dan melindungi flora dan fauna Indonesia
-
Dapat
menyimpan rahasia negara
-
Mau hidup
dimanapun di wilayah negara kesatuan Indonesia.
11.
ORIENTASI DAN KEUNGGULAN
Indikator:
-
Gemar
belajar.
-
Belajar
dengan bersungguh-sungguh.
-
Berusaha
mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan sebaik mungkin.
-
Berupaya
mendapat hasil yang terbaik.
-
Senang
dalam kegiatan yang bersifat kompetitif.
-
Tidak cepat
menyerah mengerjakan sesuatu yang mengandung tantangan.
-
Memiliki
komitmen kuat dalam berkarya.
12.
GOTONG ROYONG
Indikator:
-
Memahami
bahwa kerja sama merupakan kekuatan.
-
Memahami
hasil kerja sama adalah untuk kebaikan bersama.
-
Dapat
menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk kepentingan bersama.
-
Dapat
melaksanakan pekerjaan bersama dengan cara yang menyenangkan.
-
Bantu-membantu
demi kepentingan umum.
-
Bersedia
secara bersama-sama membantu orang lain.
-
Bersedia
secara bersama-sama membela kebenaran.
-
Dapat
bekerja dengan giat dalam setiap kelompok kerja.
4.
Sehat lingkungan
-
Memiliki
ruang kelas yang bersih, nyaman, dan indah
-
Memiliki
taman kelas yang nyaman dan indah
-
Memiliki
taman sekolah yang nyaman dan indah
-
Memiliki
toilet sekolah yang bersih dan sehat
- Memiliki tempat berolahraga, beristirahat, dan
upacara yang bersih
- dan nyaman.
- Memiliki tempat ibadah yang suci, bersih dan
nyaman
- Memiliki kantin sekolah yang bersih, higinis,
dan nyaman
- Memiliki ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang
perpustakaan, ruang laboratorium , sekretariat ekstra kurikuler, dan ruang
serbaguna sekolah yang bersih dan nyaman.
5.
Berjiwa Wirausaha
- Memiliki karakter wirausaha
- Memahami konsep kewirausahaan
- Mampu melihat peluang
- Memiliki ketrampilan/skill berwirausaha
-
Terbentuknya
lingkungan belajar yang berwawasan kewirausahaan di sekolah.
b. Misi
-
Meningkatkan profesionalisme
guru dalam pembelajaran
-
Meningkatkan kualitas
pembelajaran yang efektif dan efisien
-
Meningkatkan budaya belajar
mengajar yang kondusif
-
Memfasilitasi pengembangan
potensi dan mengarahkan siswa untuk mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya
dalam kegiatan organisasi dan kegiatan esktra kurikuler
-
Meningkatkan prestasi siswa
bidang akademik dan non akaedmik
-
Mengadakan kegiatan pengayaan
dan pemantapan materi
-
Mengembangkan sarana dan
prasarana sesuai dengan SPM
-
Membangun keratifitas siswa
dengan pembelajaran yang mengarah kepada life skill
-
Mengadakan pemeriksaan
kesehatan melalui kegiatan ekskul PMR
-
Meningkatkan dan mengembangkan
lingkungan sekolah yang bersih dan sehat
-
Meningkatkan pembinaan shalat
berjamah di sekolah
-
Meningkatkan penanaman
nilai-nilai keagamaan melalui pembelajaran di dalam dan di luar lingkungan
sekolah